Selasa, 01 September 2015

                                                                   SUMBA
    Sumba adalah salah satu pulau yang berada di provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau ini sendiri terdiri dari empat kabupaten yaitu, Kabupaten Sumba Barat, Kabupaten Sumba Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya dan Kabupaten Sumba Tengah. Kota terbesarnya adalah Waingapu, ibukota Kabupaten Sumba Timur. Kota tersebut juga terdapat bandar udara dan pelabuhan laut yang menghubungkan Pulau Sumba dengan pulau-pulau lainnya di Indonesia seperti Pulau Sumbawa, Pulau Flores, dan Pulau Timor.
   Sumba sangat kental dengan keberagaman budayanya dan berbagai makanan khas yang masih asli dari nenek moyang terdahulu. Diantaranya adalah daun ubi tumbuk, manggullu, karaka'ji, rokariwwang, pamama, dan lelu.

Sumba juga mempunyai beberapa tradisi dan ritual. Diantaranya adalah:

WULLA PO'DU
     Wulla po'du merupakan salah satu acara ritual adat yang diselenggarakan oleh masyarakat Sumba yang beragama Marapu. Acara adat ritual ini dilakukan sekali dalam setahun untuk merayakan hari raya bagi masyarakat yang memeluk kepercayaan Marapu.



PASOLA
   Tradisi pasola menggabungkan keahlian menunggang kuda dan melempar lembing yang diadakan untuk menyambut tahun baru dalam kepercayaan Marapu dan panen.














































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar